Gadoo: Gado-gado goes International

Well hello again!

Siapa disini yang suka makan, angkat tangan! Siapa yang disini suka nyemil, angkat tangannya tinggi-tinggi! *naon deui*

Saya mau pengakuan, dear pembaca. Saya adalah orang yang gemar makan. Ya, makan itu merupakan salah satu ritual penting dalam hidup dan merupakan suatu hal yang membahagiakan. Coba pikirkan, apa enaknya hidup jika kita kaya, banyak harta, tetepi dilarang makan oleh dokter?

That’s the introduction. Sekarang coba kita lihat fenomena yang ada di kota bandung mengenai makanan. Makanan yang akan saya angkat kali ini adalah Sushi. Siapa disini yang ngga tahu sushi? Kayaknya hampir ngga ada, atau minimal tau namanya walaupun belum pernah makan. Sushi adalah makanan khas jepang yang biasanya merupakan gabungan nasi dengan berbagai jenis ikan yang disajikan mentah-mentah. Mungkin semua orang ngga cocok dengan makanan ini, tapi buat saya. God, this is heaven!

Nah, sekarang kita lihat perkembangan di kota bandung. Mulai banyak restaurant yang menyediakan menu sushi di dalamnya. Dan yang lebih menarik adalah banyak sekali mobile booth sushi yang menjual sushi dalam bentuk mobil berjalan seperti Sushi Boon, Sushi Ba, dll.

Kenapa sih sushi bisa marak disini? Bisa kita simpulkan bahwa jenis makanan sushi sudah Go International. Pertanyaannya. Kenapa Negara Indonesia ngga punya suatu jenis makanan yang bisa go international seperti contoh sushi diatas? Hey man, Indonesia negara yang luas loh! Masa satu makanan aja ngga ada?

Berdasarkan dari pertanyaan tersebut, saya ingin men-go international-kan suatu makanan khas Indonesia yang menjadi salah satu makanan favorite saya yaitu gado-gado. Hehe πŸ˜€

Kenapa gado-gado? First of all, Gado-gado itu super sehat! Yaa mungkin agak lebay karena sebenernya bumbu yang digunakan adalah kacang, tapi bahan-bahan lainnya adalah sayuran. Makanan gado-gado ini cocok bagi semua orang bahkan bagi vegetarian sekalipun. Second, rasanya yang khas dan bervariasi sangat lezat!

Untuk mengembangkan business model gado-gado yang bisa bersaing dalam pasar international, sebelumnya kita harus membuat beberapa inovasi dari gado-gado itu sendiri. Inovasi yang saya bayangkan adalah “Gado-gado on the go”. Gado-gado yang kita kenal dan kita suka dimasukkan kedalam suatu packaging menarik dan bisa dimakan dimana saja. How convenience! Lalu hal lain yang harus dilakukan adalah membuat suatu brand Gado-gado yang bisa diterima secara international. And what comes to my mind is this.

Gadoo.

What do you think?

And here it is. The business model.

Value Proposition
Value yang ingin ditawarkan dari produk Gadoo ini adalah alternatif makanan sehat lain yang memiliki cita rasa tinggi. Gado-gado merupakan makanan yang bisa dinikmati oleh orang vegetarian. Selain itu juga, keunikan dari komposisi yang terdapat dalam bahan-bahan kandungan gado-gado merupakan sesuatu yang unik dan gado-gado adalah makanan yang cocok untuk merepresentasikan makanan khas Indonesia.

Market Segment
Market segment dari Gado-gado adalah manusia yang mementingkan kesehatan untuk makanannya. Orang-orang sekarang ini lebih concern terhadap makanannya dan mulai memilih makanan yang menyehatkan. Sayur-sayuran yang terdapat dalam gado-gado tentu saja sangat diperlukan oleh orang-orang kategori ini. Selain dalam hal kesehatan, rasanya yang nikmat juga merupakan daya tarik bagi masyarakat pada umumnya.

Competitive Strategy to Enter International Market
Orang-orang jaman sekarang ini sangat sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk makan. Oleh karena itu, untuk membuat produk gado-gado dapat bersaing dengan makanan lainnya adalah dengan membuat gado-gado yang biasanya disantap dalam piring menjadi portable dan bisa dimakan dimana saja. Packaging yang digunakan menyerupai bentuk packaging popcorn dan dapat dimakan dengan sumpit. Selain itu, pilihan saus gado-gado juga dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan customer, misalnya tanpa sambal atau tanpa kacang. Penyajiannya yang cepat juga merupakan salah satu kelebihan gado-gado sebagai alternatif makan siang bagi orang-orang pekerja yang hanya mempunyai waktu makan siang yang singkat.

Conclusion
Jenis-jenis makanan yang ada di Indonesia sangat beragam dan rasanya pun beraneka macam. Untuk membuat makanan itu bisa terkenal ke seluruh dunia seperti sushi pada contoh diatas, diperlukan suatu inovasi pada produk makanan tersebut, seperti misalnya membuat gado-gado yang bisa dimakan kapan saja.

Any comments?

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: