Apple Inc.

Apple Inc. adalah suatu contoh sempurna bagaimana mereka mengaplikasikan sisi kreatif dan innovatif dalam culture perusahaannya. Apa contohnya? Read more.

Teknologi

Banyak sekali teknologi yang dikembangkan oleh Apple yang saat ini menjadi standar dunia. Salah satu pengembangan teknologi yang paling populer adalah multi-touch. Teknologi multi-touch dan touch screen sebenarnya sudah lama ada. Tapi kejeniusan Apple membuat teknologi lama ini menjadi sesuatu yang sangat fungsional dan menarik. Apa yang sebenarnya Apple lakukan? Apple merubah sistem touch screen yang pada awalnya menggunakan stylus (resistive screem) dengan sistem yang hanya berfungsi pada sentuhan jari (capasitive screen). Tidak berhenti sampai disitu, Apple juga menambahkan feature multi-touch yang mendeteksi hingga lima jari pengguna. Gabungan dua hal ini menciptakan sistem interface yang menarik dan nyaman digunakan. Teknologi ini diaplikasikan pada semua lini produk Apple, seperti iPod Touch, iPhone, dan iPad.

Kreasi Apple tidak berhenti sampai disitu. Apple lalu menerapkan dua teknologi ini kepada suatu hal yang biasa digunakan oleh pengguna komputer. Mouse. Lahirlah Magic Mouse yang merupakan mouse pertama tanpa tombol. Teknologi ini juga diapikasikan pada trackpad product notebook dari Apple (Macbook, Macbok Pro, dan Macbook Air) yang pada akhirnya diikuti oleh semua perusahaan komputer lainnya.

Proses


Apple sangat concern terhadap kualitas produknya. Hal ini yang menyebabkan Apple banyak melakukan inovasi mulai dari awal proses pembuatan produk. Satu hal yang belum bisa disaingi oleh para kompetitor dalam bidang desain adalah Apple menerapkan proses Unibody-Enclosure. Seluruh lini komputer Apple dicetak pada selembar aluminum yang dicetak sesuai dengan desain produknya. Hal ini meningkatkan ketahanan dengan tetap menjaga desain yang menarik. Apple sangat peduli terhadap kenyamanan penggunanya dan terus melakukan improvisasi dalam bidang ini. Hal ini menyebabkan produk Apple yang semakin lama semakin kecil dan ringan tanpa mengurangi featurenya. Keseluruhan inovasi pada sistem proses pembuatan produk di Apple membuat produk Apple mendapatkan nilai tertinggi dalam hal Customer Satisfaction Survey berdasarkan the American Customer Satisfaction Index’s (ASCI).

Produk


iPad adalah contoh sempurna bagaimana Apple berhasil menciptakan inovasi yang merubah dunia komputer. iPad merupakan gabungan dari semua terknologi yang telah Apple kembangkan selama bertahun-tahun. Teknologi utama dalam iPad adalah layar sentuh multi-touchnya. Apple berjanji bahwa dengan teknologi ini akan ada banyak sekali yang bisa dilakukan dengan iPad. iPad juga didukung oleh sistem operasi iOS yang telah digunakan oleh iPhone dan iPod touch dan terkenal cepat dan stabil. Tablet PC bukanlah sesuatu yang baru, tetapi produk ini mati dipasaran karena tidak nyaman digunakan. Kesalahan produk Tablet PC sebelumnya adalah user-interface yang tidak dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh. iPad merubah semua ini dan Apple menciptakan sistem operasi dan aplikasi yang dioptimalkan untuk layar sentuh. Gabungan semua hal ini menyebabkan iPad menjadi produk yang laku dipasaran dan iPad terjual 300.000 pada hari pertama penjualannya. iPad bahkan membunuh netbook dan mengurangi jumlah penjualan laptop sampai 50%.

Berikut ini adalah sebuah video yang menggambarkan berbagai macam penggunaan iPad.

Model bisnis


Apple kembali melakukan inovasi di bidang ini dengan meluncurkan iTunes Music Store. Konsep menjual music digital ini sudah lama ada, tetapi iTunes store menawarkan inovasi dengan penggabungannya kepada semua produk Apple. Lebih jauh lagi, Apple membuka App Store yang awalnya ditujukan kepada pengguna iPhone dan iPod touch. App store ini menjadi fenomena dan sangat sukses dipasaran karena banyak sekali program yang dijual dengan harga hanya $0.99. Apple mendapatkan keuntungan 40% dari penjualan dan 60% keuntungan diserahkan kepada developer. Banyak sekali developer kecil yang akhirnya sukses setelah berhasil membuat program yang menarik untuk iPhone. App store kini sudah berkembang tidak hanya untuk iOS devices (iPhone, iPod touch, dan iPad) tetapi juga untuk produk Macintosh. Apple juga baru saja membuka iBook store dengan konsep menjual ebook untuk dibaca di iPad. Gabungan ketiga store ini merupakan inovasi terbesar Apple yang berpengaruh bagi bisnis digital.

Summary


Apple adalah suatu perusahaan yang selalu melakukan inovasi dalam setiap prosesnya. Konsep penuh inovasi ini manghasilkan banyak keuntungan bagi Apple, dan sampai saat ini Apple telah menguasai pasar dalam penjualan handheld device (iPhone, iPod, iPad) dan juga pasar media digital (iTunes Store, App Store, iBook Store). Inovasi-inovasi yang tidak berhenti dari Apple ini akan selalu menghasilkan produk yang berkualitas dari Apple.

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: